November 6, 2013

Buah Matoa Panen Akbar Tahun Ini




Buah matoa panen akbar tahun ini ( 2013 ) setelah tiga tahun berturut-turut mengalami perubahan cuaca yang tidak menentu dan berbuah tidak serentak disemua tempat namun tahun ini berbunga di bulan oktober dan akan panen di bulan desember dan hampir di semua wilayah papua khususnya Jayapura.

Beberapa waktu lalu saya mengunjungi beberapa tempat dan berbagi cerita dengan masyarakat setempat mereka mengatakan bahwa pohon matoa ditempatnya yang pada tahun lalu gagal panen tahun ini mereka sudah mulai sibuk dengan membersihkan rumput-rumput atau semak belukar dan daun-daun kering yang ada dibawah pohon matoa begitu pula dengan orang-orang kampung yang tinggal dipulau-pulau kecil diseputaran danau sentani.

Dan sangat berpengaruh pada harga jual tentunya. Pada tahun lalu, satu kilo matoa dengan jenis matoa biasa dihargai dengan 30.000 ribu rupiah dan matoa super mencapai 60 - 80 ribu rupiah. Dan ditahun ini akan turun harga karena membanjirnya buah matoa. Ladang pencarian buat mace-mace yang punya hobby berdagang.

Asiiikkk......, bisa makan gratis nih. Semoga benar yah, bahwa desember semua pohon matoa berhasil berbuah. Yang penasaran, tunggu info selanjutnya. Yang ingin pesan, kirim duitnya dulu baru barang saya kirim.