January 27, 2014

Cara mengolah sampah rumah tangga




Sahabat Dunia Wanita, bagaimana cara mengolah sampah keluarga hingga tidak menyebabkan timbunan sampah ditempat pembuangan sampah yang kadang karena keterlambatan pengangkut sampah atau tidak ada layanan penyedia sampah menimbulkan aroma kurang sedap dan pemandangan yang kurang baik ?

Berikut ini saya akan bagikan bagaimana cara mengolah sampah rumah tangga menjadi solusi penanganan sampah mulai dari dalam keluarga sendiri.

Sebelumnya Anda sahabat Dunia Wanita perlu menyadari, bahwa sampah yang kita anggap sepele atau menyerahkan sepenuhnya pada penyedia layanan sampah adalah sumber utama timbulnya berbagai macam penyakit dan banjir akibat penyumbatan saluran air. Setelah Anda sadar maka akan timbul rasa peduli memperhatikan lingkungan sekitar Anda dan mulai mengerjakan tips sehat Cara mengolah sampah rumah tangga.

Cara ini kadang dianggap sepele tapi bagi kita yang sadar dan peduli maka cara yang satu ini cukup praktis dan sangat baik untuk penanganan pertama sampah rumah tangga.

Pertama, sediakan dua tempat sampah digunakan untuk membuang sampah kering seperti pelastik, kertas, kardus, kaleng makanan siap saji dan sampah basah seperti, sisa makanan, semua jenis makanan olahan atau sampah basah yang hancur karena pembusukan.

Kedua, untuk makanan hancur karena busuk bisa ditangani dengan menggali lubang dan menimbunnya atau di tumpah pada saluran air yang mengalir, sungai, kali sebagai makanan ikan atau pada tempat yang terdapat banyak hewan ternak. Sampah sayuran baiknya di caca kecil sebelum di masukkan ketempat sampah.

Untuk sampah kering bisa langsung dibakar atau kalau belum sempat, usahakan sampah kering tidak terkena air, masukkan dalam kantung kresek ikat rapi kemudian sediakan satu hari senggang khusus untuk membakar habis sampah kering sampai benar-benar habis terbakar. Kaleng atau sampah yang hancur karena karat, bisa ditangani dengan membuatnya plat dengan memukul menggunakan martel, mengubur atau membalikkan wadah menghadap ke bawah dan biarkan hingga karat dan hancur sendiri pada tempat terbuka**

Demikian Cara mengolah sampah rumah tangga semoga manfaat.

Nb.
Untuk sampah pembalut baik anak baduta, balita maupun wanita, baiknya dicuci bersih, letakkan pada tempat yang terkena cahaya, kering lalu bakar hingga habis.